Selamat datang di Jabal Noor Utama

Praktek Ibadah Haji (Outing Class) Siswa/i Kelas IX SMP IT Jabal Noor di Asrama Haji Medan

Outing Class merupakan salah satu program pembelajaran yang bertujuan memberikan keterampilan dan keahlian dasar tertentu sebagai sarana menumbuhkan kreativitas siswa. selain itu outing class merupakan metode belajar yang menyenangkan, mengajarkan kepada siswa untuk lebih dekat dengan alam dan lingkungan sekitar. Siswa diharapkan dapat arif dalam memperlakukan alam sekitar beserta sosio kulturalnya. Dalam hal ini outting class yang dilakukan berupa kegiatan Manasik Haji.

Haji menurut pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah rukun Islam yang kelima, yaitu kewajiban ibadah yang harus dilakukan oleh orang islam yang mampu dengan mengunjungi Ka’bah di Masjidil Haram pada bulan haji dan mengamalkan amalan-amalan haji seperti ihram, tawaf, sai, dan wukuf. Ibadah haji merupakan perjalanan spiritual yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Kewajiban tersebut ditujukan bagi umat Islam yang mampu secara fisik dan mental. Di samping itu, dalam pelaksanaannya jama’ah haji harus memahami ilmu manasik haji. Dengan pemahaman tersebut diharapkan jama’ah dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan syari’at Islam dan memperoleh haji yang mabrur.

Berdasarkan hal diatas, Manasik Haji Perlu diketahui dan diperagakan langsung oleh generasi Islam khususnya dikalangan remaja agar termotivasi untuk melaksanakan Ibadah Haji yang sebenarnya disaat mereka sudah tumbuh dewasa dan memiliki kesanggupan, baik dari segi materi maupun non materi.

Tujuan dilaksanakan latihan manasik haji di samping untuk meningkatkan iman dan taqwa juga untuk mengenal lebih jauh tentang rukun Islam yang kelima yaitu pelaksanaan ibadah haji. Siswa tidak hanya mengenal teori tentang haji saja tetapi juga dapat menghayatinya lewat praktik manasik.